Events

Bulan Juli Ada 5 Event Seru di Pulau Jawa

Lagi nyari excuse buat melarikan diri dari rutinitas? Kenapa nggak datang ke 5 event bulan Juli 2019 di Pulau Jawa ini saja?

1. Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY)

FKY 2019 sebenarnya sudah mulai sejak 4 Juli 2019 lalu. Tapi jangan khawatir, sebab acara ini bakal berlangsung sampai 21 Juli 2019. Venue FKY 2019 lumayan banyak. Sebagian acara digelar di Museum Dewantara Kirti Griya, sebagian lagi di Museum Gunungapi Merapi, dan sebagian lain di Museum Sonobudoyo.

Venue-nya banyak, tentu saja acara FKY 2019 juga banyak banget. Ada Pameran Seni Wirama-Wiraga-Wirasa, pertunjukan teater, panggung kontemporer, Pesta Rakyat Kampung Terban, serta berbagai workshop dan diskusi. Kalau sebelumnya pernah ke FKY, kamu pasti bakal ngerasa kalau scope FKY 2019 jadi makin luas. Untuk info lebih lanjut soal event bulan Juli 2019 ini, kamu bisa buka laman infofky.com atau pantau akun Instagram @infofky.

event bulan juli 2019
ARTJOG 17 di Jogja Nasional Museum via TEMPO/Pius Erlangga

2. ARTJOG 2019

FKY 2019 rampung, Jogja nggak bakal jadi sepi tiba-tiba. Kenapa? Soalnya bakal ada event bulan Juli 2019 lain, yaitu ARTJOG. Gelaran ARTJOG bakal menyemarakkan Jogja dari tanggal 25 Juli-25 Agustus 2019. Mengusung tema “Arts in Common,” sebagai upaya “membumikan” kembali ajang ini, ARTJOG bakal diadakan di Jogja National Museum (JNM).

Serunya, nanti bakal ada beberapa program di ARTJOG yang mempertemukan berbagai stakeholder seni kontemporer, dari mulai praktisi seni (artis), kurator, sampai pendidik. Pokoknya, kamu bakal seneng banget kalau bisa ikut tiga program utamanya, yakni pameran, pertunjukan, dan merchandise project. Pantau info soal ARTJOG di akun Instagram @artjog.id.

3. Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival 2019

Event bulan Juli 2019 lain yang seru banget buat dilihat adalah Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival 2019. Lewat penampilan 13 negara, 20 kota, dan lebih dari 350 partisipan, ajang ini bakal ngasih kamu banyak insight baru soal kultur Nusantara dan dunia.

Acara ini diadakan tanggal 21-25 Juli 2019. Setiap hari bakal selalu ada acara seru buat dinikmati, dari mulai kunjungan budaya, city tour, workshop, penampilan seni, sampai pesta perpisahan alias farewell party. Kalau mau tanya-tanya soal festival ini, colek aja mimin Facebook Official Surabaya Tourism Information Center.

4. Pameran Seni Interaktif “teamLab Future Park” Jakarta

Pernah lihat video klipnya “Strawberry Swing” Coldplay? Nah, di Pameran Seni Interaktif “teamLab Future Park,” kamu bisa lihat karya seni yang mirip-mirip itu. Ya, close enough, lah.

Pameran “teamLab Future Park” bakal diadakan di Gandaria City tiap hari mulai tanggal 20 Juni 2019 sampai…. akhir tahun, yakni 20 Desember 2019 nanti. Jadi kamu sebenarnya masih punya banyak waktu buat nabung supaya bisa beli tiket masuk Rp135.000 (Senin-Jumat) atau Rp150.000 (Sabtu-Minggu dan hari libur).

Salah seorang dukun pandita sedang membacakan sejarah Tengger via sahabatransel.com

5. Upacara Kasada Bromo 2019

Yajña Kasada adalah upacara masyarakat Tengger yang diadakan setiap bulan Kasada di Lautan Pasir Bromo. Upacara yang sudah berlangsung selama ratusan tahun ini merepresentasikan ungkapan rasa syukur dan sebuah perayaan awal waktu. Tahun ini, upacara Kasada diadakan tanggal 13-17 Juli.

Menariknya, untuk memeriahkan Yajña Kasada, akan diadakan pertunjukan seni kolosal-kontemporer di Lautan Pasir Bromo.

Jadi, kamu mau datang ke event bulan Juli 2019 yang mana?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Events

Warna-warni Pelangi Indonesia di Semarang Night Carnival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *