Itinerary

6 Destinasi Wisata Alam Keren di Kalimantan

Sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, wajar saja kalau Kalimantan punya lanskap yang lengkap. Pulau yang disebut juga sebagai Borneo ini punya perbukitan indah, sungai-sungai misterius, danau-danau jernih, dan pulau-pulau dikelilingi pasir putih. Inilah beberapa di antara destinasi wisata alam Kalimantan:

1. Bukit Langara

Selain naik rakit bambu, ada cara lain buat mengagumi Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, yakni mendaki Bukit Langara. Dari bawah kamu cuma perlu nanjak sekitar setengah jam sampai satu jam. Dari Bukit Langara, kamu bisa menyaksikan keindahan hamparan Pegunungan Meratus yang misterius ditembus oleh aliran Sungai Amandit.

Bukit Langara bisa diakses lewat Desa Lumpangi. Untuk ke salah satu destinasi wisata alam Kalimantan ini, kamu hanya perlu berkendara menempuh jalan sejauh 10 km dari Kota Kandangan.

2. Gunung Muro

Gunung Muro di Kabupaten Murung Jaya, Kalimantan Tengah, belakangan ini jadi bahan perbincangan di media lokal Borneo. Pasalnya, baru-baru ini ada seorang wisatawan yang hilang selama seminggu dan ditemukan dalam keadaan selamat sekitar 20 km dari salah satu destinasi wisata alam Kalimantan ini.

Meskipun titik tertingginya hanya 927 mdpl, pendakian Gunung Muro akan terasa sangat mengesankan. Soalnya, kamu akan trekking di bawah kanopi hutan yang masih rapat. Setiba di atas, kamu bakalan speechless melihat betapa kerennya pemandangan di depan mata.

3. Taman Nasional Tanjung Puting

Daya tarik utama Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah, adalah lokasi feeding orangutan. Setiap hari, puluhan wisatawan bakalan berkumpul di sana menanti orangutan yang sengaja datang buat makan.

Perjalanan menuju Taman Nasional Tanjung Puting bakal dimulai di Dermaga Kumai, Pangkalan Bun. Untuk ke sana, kamu bakal naik kapal kayu menyusuri sungai yang diapit oleh hutan belantara. Kalau ikut tur—semacam live on board (LoB)—kamu bisa cobain sensasi menginap di atas kapal.

4. Labuan Cermin

Di Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur, perahu bakalan tampak seperti melayang. Soalnya, air danau ini jernih minta ampun. Tanpa harus memasukkan kepala ke dalam air, kamu sudah bisa ngintip kondisi dasar danau.

Untuk ke Labuan Cermin, dari Bandara Kalimarau, Berau, kamu bisa naik mobil sewaan atau mobil travel selama sekitar 5-6 jam ke sebuah dermaga di Labuan Kelambu, Biduk-Biduk. Dari sana kamu mesti naik perahu sewaan sekitar seperempat jam menuju destinasi wisata alam Kalimantan yang satu ini.

5. Danau Kakaban

Danau yang berada di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, ini punya sebuah spot yang sangat ikonis, yakni danau penuh ubur-ubur. Uniknya, ubur-ubur di Danau Kakaban tak lagi menyengat (stingless), soalnya mereka sudah terperangkap selama jutaan tahun di areal yang nyaman tanpa predator.

Untuk menuju ke Pulau Kakaban, kamu bisa memulai perjalanan dari Berau, Kalimantan Timur. Dari sana, teruskan perjalanan selama setengah jam dengan kapal cepat sewaan menuju Pulau Derawan. Dari Pulau Derawan, Pulau Kakaban bisa dicapai dalam perjalanan sekitar satu setengah jam.

6. Danau Haji Mangku

Kalau Pulau Kakaban punya danau penuh ubur-ubur “ramah,” Pulau Maratua—yang juga bagian dari Kepulauan Derawan—punya sebuah danau keren penuh stalaktit dan stalagmit, yakni Danau Haji Mangku.

Selain stalaktit dan stalagmit, yang bikin Danau Haji Mangku jadi keren adalah airnya yang jernih bernuansa biru-toska. Kalau mau—dan punya alat—kamu bisa saja snorkeling, freediving, atau scuba diving di sini.

Tertarik buat ke salah satu dari enam destinasi wisata alam Kalimatan di atas?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *