Itinerary

Tempat Wisata di Dekat Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Udah tahu kan kalau PT Angkasa Pura II membangun Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga. Keberadaan Bandara Jenderal Soedirman ini dapat mendukung perekonomian dan aktivitas masyarakat khususnya terkait dengan kebutuhan transportasi udara di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, serta Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.

Nah, kalau Bandara Jenderal Besar Soedirman sudah beroperasi main-mainlah kamu ke sini. Ada rekomendasi tempat seru buat dikunjungi.

Owabong Waterpark
Owabong Water Park/Owabong (Instagram)

Owabong Waterpark

Tempat wisata satu ini memang bisa dibilang cocok untuk wisata keluarga karena menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menantang. Setidaknya ada 10 wahana permainan seperti waterboom, flying fox, jet coaster, teater 4D, gocart, lazy river dan masih banyak lagi.

Fasilitas di Owabong Water Park lengkap dan bisa bikin kamu betah seharian bermain air di sana. Ada juga fasilitas lain yang mendukung mulai dari restoran, coffee shop, rest zone, sentra jajan dan oleh-oleh.

Harga tiket masuk di Owabong Water Park pada hari biasa adalah Rp18 ribu dan pada akhir pekan harga tiketnya Rp23 ribu. Jika tertarik, kamu bisa langsung datang ke Jalan Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga.

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Hanya 30 menit dari Bandara Jenderal Besar Soedirman ada tempat wisata edukatif yaitu Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas.

Di sini, kamu bisa mengenal berbagai jenis flora dan fauna dengan lebih atraktif. Mulai dari mengenal ikan di area Aquarium Sea world, mengenal kawanan burung mulai burung merak sampai berinteraksi langsung dengan burung kakatua. Ada juga museum tiga dimensi yang di dalamnya memuat informasi dan pengetahuan baru yang bisa kamu pelajari.

Lokasinya di di Desa Purbayasa, RT 03 RW 02, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Tiket masuk di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas ini hanya Rp20 ribu per orangnya.

Lembah Asri Serang

Bagi kamu yang belum pernah wisata petik strawberry langsung dari tanamannya bisa datang ke Lembah Asri Serang berada di Daerah Krajan, Serang, Karangreja, Purbalingga. Hanya memakan waktu perjalanan selama 54 menit saja dari Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Tempat wisata ini memiliki beberapa area yang berbeda seperti kebun petik strawberry, Dinoland, area outbond, hutan pinus, taman kelinci, hidroponik, playground dan masih banyak lagi. Datang ke Lembah Asri Serang bisa merasakan berbagai pengalaman wisata yang lengkap.

Selain itu tersedia juga cottage untuk menginap dengan harga yang cukup terjangkau. Harga tiketnya per area hanya Rp5 ribu per orang atau bisa membeli tiket terusan seharga Rp25 ribu sampai Rp40 ribu.    

Wisata Alam Kampung Kurcaci

Kalau kamu pernah nonton film The Lord of The Rings tentu familiar dengan bentuk rumah hobbit. Kebetulan, di Purbalingga punya tempat wisata yang menawarkan keunikan dari bentuk rumah ini namanya adalah Wisata Alam Kampung Kurcaci.

Lokasinya ada di Daerah Krajan, Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Setelah sampai di parkiran, kamu diharuskan berjalan sekitar 50 meter melewati jembatan kayu untuk sampai di loket masuknya. Harga tiket masuknya sekitar Rp10 ribu dan sudah termasuk tiket eksplor ke air terjun Lawang.

Area di Wisata Alam Kampung Kurcaci ini sangat mendukung untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor seperti berkemah, bersantai dengan hammock, atau trekking ke air terjunnya.

Situ Tirta Marta Desa Karangcegak

Kalau di Klaten ada Umbul Ponggok, maka di Purbalingga ada yang namanya Situ Tirta Marta. Air dari tempat wisata ini memang bersumber dari mata air yang masih bersih dan terjaga. Jadi tak heran jika airnya sangat jernih.

Di tempat ini kamu bisa bermain air sepuasnya atau berfoto bergaya apapun di dalam air. Di dasar kolam airnya terdapat banyak tempat untuk berfoto seperti televisi, sepeda motor atau bahkan tenda.

Bagi kamu yang tidak bisa berenang atau menyelam tenang saja, pengelola sudah menyiapkan pelampung ban yang bisa dipakai untuk berenang. Pengelola juga menyiapkan paket untuk foto underwater sekaligus dengan operatornya jika kamu ingin hasil fotonya lebih bagus.

Kamu bisa menuju ke Dusun I, Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, hanya memakan waktu 40 menit dari Bandara Jenderal Besar Soedirman. Harga tiket masuknya hanya Rp5 ribu dan Rp150 ribu untuk sewa kamera bawah air beserta operatornya.

Puncak Gunung Slamet
Puncak Gunung Slamet/Akbar Nurseptian (Flickr)

Mendaki Ke Gunung Slamet

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah menapaki puncak Gunung Slamet. Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini memang favorit bagi pendaki karena pemandangan yang ditawarkan dan treknya pun sangat patut untuk dicoba.

Dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman, akses untuk mendaki Gunung Slamet akan semakin mudah apalagi jika kamu berasal dari luar Pulau Jawa. Dari Purbalingga, kamu bisa naik angkutan umum atau carter mobil langsung ke arah Baturaden.

Trek pendakian via Baturaden ini bisa dibilang sangat asri, jadi selama perjalanan akan lebih banyak menjumpai flora dan fauna yang melintas. Persiapkan peralatan dan fisik sebelum mendaki ke Gunung Slamet, ya sob!

Golaga – Goalawa

Jika kamu singgah di Purbalingga, pastikan untuk mampir ke Golaga – Goalawa. Tempat wisata ini menawarkan taman terbuka hijau yang luas dan goa alam. Jika goa di tempat lain identik dengan jalur yang licin dan berair maka berbeda dengan Goalawa.

Pengelola sudah menyiapkan jalan yang sangat bagus lengkap dengan penerangannya. Jadi sangat ramah untuk wisatawan berbagai umur. Menariknya, tersedia café yang dibangun di dalam goa. 

Lokasi wisata ini hanya sekitar 1 jam saja dari Bandara Jenderal Besar Soedirman. Golaga – Goalawa buka dari jam 8 pagi hingga 4 sore dengan tiket masuk harga Rp25 ribu saja.

Dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman ini kamu bisa lebih mengeksplorasi berbagai keanekaragaman wisata yang ada di Purbalingga. Tak hanya tempat wisatanya saja yang wajib dikunjungi, kamu juga wajib untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya yang lezat, ya sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Mencicipi 8 Jenis Kudapan Berbahan Dasar Serangga

ItineraryPilihan Editor

Kekayaan Nusantara itu Bernama Halili dan Topi Nunu

Itinerary

Camping di Waduk Sermo

Itinerary

Mencicipi Ragam Soto Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Worth reading...
Wisata di Kabupaten Batang, Ada Pantai dan Konservasi Lumba-Lumba