Itinerary

Rekomendasi Penginapan untuk Staycation di Yogyakarta

Staycation adalah salah salah satu trend yang mulai memasuki kehidupan masyarakat Indonesia, tepatnya sekitar tahun 2010-an dan mulai sejak awal tahun 2018 jumlah peminat dari trend ini mengalami peningkatan. Lalu sebenarnya apa sih yang membedakan trend ini dengan vacation biasa? 

Yang membedakan adalah saat kita melakukan staycation, kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke tempat lain melainkan hanya liburan dengan tinggal dan menetap di suatu tempat. Tentu saja trend staycation ini cocok sekali disaat pandemi sedang berlangsung. Liburan yang tidak berbaur dengan banyak orang bukan?

Biasanya tujuan staycation adalah hotel-hotel yang unik dan punya fasilitas yang lengkap ataupun lokasinya dekat dengan  aneka tempat tujuan. Nah, maka dari itu banyak kota-kota besar yang berlomba untuk menyemarakkan trend ini, salah satunya Yogyakarta. Berikut kami akan ajak kamu menyusuri hotel-hotel yang cocok untuk dijadikan staycation di Yogyakarta :

1. Nira Camper Village

Letak Nira Camper Village berada di Kregen, Wukirsari, Sleman. Asal kalian tau, hotel yang satu ini cukup unik dengan menyandang predikat  sebagai bubble tent pertama di Yogyakarta. Walaupun menjadi yang pertama, bubble tent di hotel ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Terbuat dari plastik khusus yang kuat dan tebal seperti tenda. Ukurannya juga cukup besar dengan warna transparan dijamin deh akan membuatmu betah tidur di dalamnya. 

Nira Camper Village adalah salah satu hotel yang mengusung tema semi-outdoor. Nantinya kamu bisa merasakan sensasi menginap di area terbuka dengan pemandangan sawah hijau disekitarnya. Apalagi saat malam tiba, keindahan dari langit yang bertabur bintang juga akan ikut menemani liburanmu di hotel ini.

Sayangnya, di tempat seluas 700 meter persegi ini hanya boleh dipesan oleh 1 pemesan dengan jumlah maksimal 4 orang saja. Tapi bukankah itu suatu hal yang bagus? Karena pastinya privasi kita akan lebih terjaga, dan lebih romantis, eehh.

Oleh karena itu, jika ingin berlibur di hotel ini kamu harus melakukan reservasi dari jauh-jauh hari ya. Untuk biayanya dari mulai Rp7.50.000 per malam. Harga ini akan berubah pada akhir pekan yakni sebesar Rp8.50.000 per malamnya. Ini untuk empat orang ya.

Namun jika kamu ingin memesan dua bubble tent perarea, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp1.500.000 saat hari biasa, dan ketika akhir pekan seharga Rp1.700.000. Ada pula paket honeymoon seharga Rp1.400.000 untuk 2 orang. Ada tambahan khusus nih untuk paket ini yakni lava tour di daerah Cangkringan dan sesi sarapan spesial di pinggir sungai.  

Walau terbilang cukup mahal, dijamin deh kamu tidak akan menyesal. Karena  fasilitas yang akan kamu dapatkan sangatlah mewah dan lengkap. Seperti kamar mandi terpisah, pantry, living room, bahkan kolam renang. Fasilitas yang memadai juga terdapat di dalam bubble tent yakni adanya AC portable dan kasus berukuran 200 x 200 cm serta tirai di sekelilingnya. 

2. Greenhost Boutique Hotel

Kali ini tujuan yang tepat untuk melakukan staycation berada di Jl. Prawirotaman 2 No.629, Mergangsan. Letaknya sangat strategis karena dekat Jalan Malioboro, Istana Sultan Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan Bandara internasional Adisucipto.

Greenhost Boutique Hotel namanya. Hotel ini telah berdiri sejak tahun 2014 dengan total jumlah kamar sebanyak 96 kamar.

Popularitas dari hotel Greenhost Boutique Hotel sudah tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang dan menginap disini. Bahkan mereka juga menjadikan tempat ini sebagai penginapan favorit loh, wah udah terbayang dong betapa menariknya hotel ini.

Banyaknya wisatawan yang datang,disebabkan oleh desain hotel yang cukup unik, yakni dengan mengusung konsep hijau dengan banyak tanaman. 

Karena itulah hawa di tempat ini terasa sangat sejuk dan alami. Menariknya, tanaman-tanaman disini disusun dengan sangat rapi, ada yang menjuntai dan ada pula yang diletakkan di sudut ruangan. Sungguh spot foto yang sangat menggoda.

Interior yang nyaman dan berbagai perabotan yang terbuat dari kayu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Greenhost Boutique Hotel. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap loh.

Ada shower air panas dan dingin, perlengkapan mandi gratis, smart TV, AC, internet gratis, dan masih banyak lagi. Berbagai layanan juga bisa kamu dapatkan nih dari mulai layanan kamar, layanan laundry, hingga layanan transportasi. 

Selain itu, Greenhost Boutique Hotel juga memiliki tempat aktivitas yang seru seperti bar, lapangan golf, kolam renang, kebun, spa, dan pijat. Wah, dijamin gak akan bosan ya jika sudah berada di hotel ini.

Saat berada di tempat ini, kamu juga gak usah bingung mencari-cari makanan di luar sana. Karena di dalam Greenhost Boutique Hotel tersedia restoran yang menyajikan berbagai macam makanan serta minuman. Ada 2 tempat nih yakni , Kitchen Gallery Restaurant yang menyajikan hidangan khas Indonesia dan Barat, serta Rooftop Bar and Lounge yang menawarkan berbagai minuman.

Bagaimana? Sungguh menawarkan paket lengkap yang sangat menarik ya. Untuk bisa menginap di hotel ini, kamu cukup membayar sekitar Rp500.000 per malamnya. Cukup terjangkau bukan? 

3. Wooden House by Dream Tiny House

Tujuan yang tepat untuk staycation berikutnya adalah homestay yang mengusung konsep loft. Dengan kasur berukuran besar pada bagian atas dan untuk bersantai menggunakan bean bag pada bagian bawahnya.

Homestay ini bernama Wooden House by Dream Tiny House yang berlokasi di Grojogan, Banguntapan, Bantul. Letaknya cukup strategis, karena berada cukup dekat dengan beberapa objek wisata terkenal. Seperti Keraton Yogyakarta, Jalan Malioboro, Taman Sari, dan Museum Benteng Vredeburg.

Daya tarik dari homestay satu ini terletak pada unsur kayu yang sangat mendominasi dan menampilkan kesan etnik serta estetik. Kamu bisa menjumpai unsur ini pada tipe kamar berjenis Wooden House. 

Adapun tipe kamar yang lain yaitu truck house dengan gaya khas industrialis. Serta Van Dijk yang menggunakan dinding kaca agar memberikan kesan luas dan kayu sebagai lantainya.

Walaupun berbeda dalam segi model, fasilitas yang akan didapatkan tetap sama kok. Dengan dapur kecil yang memiliki peralatan cukup lengkap pada setiap rumah dan kursi santai di area luar. Di beberapa areanya juga tersedia jaring-jaring untuk bersantai.

Fasilitas yang lain adalah akses internet gratis, AC, area kerja, kamar mandi dengan perlengkapan gratis, pation atau balkon, taman, halaman belakang, gantungan baju, dan masih banyak lagi. Bahkan kamu juga bisa menyimpan makanan di kulkas dan memasaknya di kompor yang tersedia loh. Wah benar-benar seperti di rumah sendiri ya.

Untuk memulai perjalanan staycation di tempat ini, kamu cukup merogoh kocek yang terjangkau. Hanya sekitar Rp350.000 per malamnya. Gak bikin kantong menjerit ya.

4. Artotel Yogyakarta

Di Jakarta dan Bali pasti sudah sangat mengenal nama Artotel. Kini hotel berkelas ini sudah mulai merambah hingga Yogyakarta nih. Seperti namanya, hotel yang satu ini menyajikan hiasan dinding bernuansa street-art sebagai daya tariknya. Lokasi Artotel Yogya ini berada di Jalan Kaliurang No. 14, Sleman. Kamu bisa menempuhnya dari Malioboro yang hanya berjarak sekitar 10 menit dengan berkendara.

Walaupun minimalis, interior dari hotel ini sangatlah modern. Visual-aural yang artsy akan kamu rasakan bahkan ketika kamu baru saja berada di lobi.

Berbagai ornamen yang kontemporer bisa kamu temukan disini.  Mulai dari corak lantai, hingga kursi-meja tunggu. Bahkan ada sebuah artspace yang berisi banyak karya seni dan bisa dengan bebas kamu nikmati. Untuk artspace ini kamu bisa melihat karya-karya yang berbeda setiap 2 bulan.

Uniknya, desain mural pada kamar dari setiap lantai dikerjakan oleh seniman-seniman yang berbeda loh. Dan gak main-main, seniman–seniman ini sudah sangat terkenal, sehingga karyanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Walaupun hanya berbentuk stiker yang ditempel, namun tetap terasa kesan artistiknya kok.

Tidak hanya kamar, restoran dalam hotel juga didesain dengan penuh mural dan ornamen yang artistik. Kamu bisa mengunjungi restoran ini kapan saja, karena buka selama 24 jam. Menunya sangat beragam dan yang pasti sih rasanya enak banget! Dijamin nagih deh.

Oh ya, di dekat restoran ini kamu juga bisa menemukan sebuah kolam renang dengan desain permukaan yang tinggi loh. Disekelilingnya banyak hiasan tanaman gantung yang pastinya menambah kesan keelokannya. Karena kental akan hal yang sangat artistik, tidak jarang Artotel menjadi rumah singgah bagi acara-acara seni, misalnya saja Art summer Camp.

Jangan kaget ya ketika kamu bertemu dengan pegawai yang bertato dan hanya menggunakan kaos saja. Karena itulah salah satu ciri khas dari Artotel, dimana karyawannya berpakaian informal dan lebih memilih memakai sneakers daripada pantofel. 

Menarik ya, ada kesan yang berbeda dan bisa kamu dapatkan ketika staycation di hotel satu ini. Tenang aja, harganya juga murah kok, mulai dari Rp490.000 kamu sudah bisa bermalam di hotel artsy ini.

5. Laluna Resort

Ingin staycation dengan konsep back to nature? Ada Laluna Grenada Boutique Hotel namanya, sebuah resort dengan tema gypsy ala Eropa dan konsep back to nature yang sudah sangat terkenal. Lokasinya berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman. 

Kamu bisa menginap di tempat ini mulai dari harga Rp600.000 per-malam. Tergantung dengan tipe kamar yang akan kamu pesan, apakah itu tipe deluxe atau family.

Nah di Laluna Resort, kamu akan menemukan berbagai hiasan dengan warna serba terang loh. Jadi akan terlihat sangat estetik. Tentu ini merupakan ladang emas bagi para pecinta selfie.

Tak hanya warna-warna terang saja nih, berbagai bunga warna-warni di setiap sudut juga akan memanjakan mata. Tidak ketinggalan, desain dari interiornya yang unik seperti di Eropa ini juga menjadi daya tariknya.

Laluna Resort ini terkenal dengan kemewahannya nih. Kolam renangnya juga didesain dengan menarik loh. Nantinya kamu akan menemukan beberapa gazebo mungil yang berhias kain ungu, dan menjadikan kolam ini semakin terlihat romantis.

Fasilitas lain yang harus kamu datangi adalah restoran di dalam Laluna . Kamu bisa mencoba berbagai makanan serta minuman yang dijamin rasanya sangat menggiurkan. Jadi kita gak perlu keluar resort lagi deh, tentu hal seperti ini cocok sekali di tengah era new normal seperti ini ya. 

Jadi-jadi, bagaimana? Bingung ya menentukan pilihab staycationnya? Tenang aja, semuanya sangat recommended dan gak bikin nyesel kok. Selamat berlibur guys!

"Selalu berusaha menjadi yang terbaik dan berguna untuk sesama"

"Selalu berusaha menjadi yang terbaik dan berguna untuk sesama"
    Artikel Terkait
    Itinerary

    Temui Irene Komala, si “Pink” yang Suka Jalan-Jalan

    Itinerary

    Cerita di Balik Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar

    Itinerary

    Nuansa Khas Pedesaan Surabaya di Kayoene

    Itinerary

    Barn Event Hire, Kafe dengan Konsep Taman Terbuka di Surabaya

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *