#dirumahajaItinerary

Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Indonesia Banget

Buku adalah jendela dunia. Tanpa jendela, rumah kita terasa pengap karena matahari tak masuk ke rumah, angin pun juga. Asupan buku sangat penting bagi perkembangan otak manusia. Dengan buku, manusia mencatat, mengingat, serta mendokumentasikan apa saja yang ia lihat, ia pikirkan, dan yang ia utarakan. Lebih-lebih pada masa kanak-kanak, buku ibaratkan makanan otak yang perlu ditambahkan agar daya pikirnya berkembang. Oleh sebab itu anak-anak perlu distimulasi dengan banyak-banyak membaca dan kegiatan luar ruangan agar tumbuh kembangnya aktif.

Kalau biasanya TelusuRI kasih rekomendasi buku buat kamu para pejalan, kali ini ada beberapa buku yang Indonesia banget kami rekomendasikan untuk menemani anak, adik, atau keponakan selama #dirumahaja. Tentunya kamu bisa ajak mereka untuk belajar mengenali budaya-budaya dan cerita rakyat yang ada di Indonesia. Yuk simak apa saja rekomendasi buku anak dari TelusuRI!

1. Petualangan Kuliner Zoe

Petualangan Kuliner Zoe
Petualangan Kuliner Zoe/Little Quakka

Zoe si bocah blasteran, sangat menyukai makanan makanan yang ada di Indonesia, dia ingin mencicipi semua masakan Indonesia yang ada. Zoe siap mengantar kita keliling Indonesia mengamati ragam budaya serta kulinernya! Buku ini terdiri dari dua seri dengan dua bahasa sebagai pengantar cerita yakni Inggris dan Indonesia.

Ilustrasi di buku ini dibuat sangat menarik dan lucu, membuat anak-anak betah membacanya. Ada 6 ilustrator yang ikut membantu ilustrasi buku yang bikin kita “kenyang” dengan gambar berbagai masakan. Buku ini memang didesain untuk anak 3 tahun keatas dengan ujung buku yang melengkung agar tidak tajam. Desain cover yang berbahan art paper menambah kesan artsy pada buku ini.

2. Kisah dari Sumba

Kisah dari Sumba
Kisah dari Sumba via ebooks.gramedia.com

Kisah yang dipaparkan oleh buku ini sangat sederhana, mengangkat budaya Sumba dan isu-isu terkini dalam cerita anak. Ada lima cerita yang tertulis dalam buku ini yang mengadaptasi kisah lokal Sumba; semisal kisah Tutu, Bleha Neli, Ngede yang ingin menjaga kebersihan agar terhindar dari cacing, kisah Rambu Kahi yang ingin memberikan hadiah kepada ibunya, atau kisah Rangga dan Pati yang ingin menjadi penunggang kuda dalam Festival Pasola. Pesona budaya Indonesia serta kisah keseharian anak-anak yang polos mengundang decak kagum.

Cocok juga dibaca oleh orang dewasa yang ingin kembali ke imaji masa kecilnya. Buku ini merupakan salah satu buku dari proyek Buku Anak-Anak Lintas Nusantara yang diterbitkan Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

3. Cerita Rakyat Nusantara

Cerita Rakyat Nusantara
Cerita Rakyat Nusantara via Twitter/Erlangga

Buku-buku terbitan Erlangga ini terdiri dari 10 seri yang kesemuanya menyadur dari cerita-cerita lokal yang ada di Indonesia. Beberapa cerita yang terkenal diantaranya Timun Mas dengan raksasa yang mengincar dirinya, Lutung Kasarung yang buruk rupa, Malin Kundang yang durhaka kepada orang tuanya dan dikutuk jadi batu.

Cover per serinya selalu menarik mata dengan gambar dari cerita tradisional yang eye catching. Cerita klasik Indonesia semakin jarang terdengar dibanding kisah-kisah modern yang terus menerus diproduksi, maka buku ini  seolah menjadi oase penerbitan kembali kisah-kisah rakyat nusantara.

4. Willa dan Rempah

Willa dan Rempah
Willa dan Rempah/Little Quoka

Cerita yang berpusat pada Willa yang merusak tangkai daun jeruk kesayangan ibunya menjadi pembuka untuk pengenalan rempah-rempah kepada si kecil. Boardbook ini mengenalkan beberapa rempah dengan berbagai macam bentuk dan kegunaanya yang berbeda. Ada bonus berupa flashcard yang bergambar 20 rempah-rempah yang sering dipakai di dapur. 

5. Mengenal Jajanan Nusantara

Mengenal Jajanan Nusantara
Mengenal Jajanan Nusantara via nurrahmahwidyawati.com

Buku seri pengenalan jajanan nusantara ini cocok buat ayah bunda mengenalkan aneka macam jajanan Indonesia dengan ilustrasi menarik serta fitur touch and feel, lift the flap, dan wipe and clean yang membantu fungsi motorik dan visual pada anak.

Ada satu halaman raksasa yang membantu memvisualkan makanan lebih menarik sehingga anak-anak cepat belajar mengenali perbedaan warna dan bentuk pada makanan tradisional.

Buku setebal 14 halaman ini akan membawa pembelajaran mengenai makanan lebih mengasyikan, seasyik menyantap makanan itu sendiri.

6. Seri Buku Dongeng dari Dancow

Seri Buku Dongeng dari Dancow
Seri Buku Dongeng dari Dancow/Dancow Parenting Center

Seri buku-buku cerita dari Dancow ini menceritakan legenda-legenda nusantara dalam sebuah cerita bergambar. Kisah Aji Saka, Asal Usul Salatiga, Si Kancil dan masih banyak lagi yang lainnya diangkat ke dalam cerita ringan dan penuh unsur pendidikan.

Dancow berinovasi dengan memberikan teknologi AR (Augmented Reality) ke dalam buku ceritanya yang bisa dilihat melalui smartphone. Selain itu Dancow, dalam websitenya, juga mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak maupun event lainnya seperti panggung dongeng untuk anak-anak.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Ditulis oleh: M. Irsyad Saputra

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Kuliner Khas Malang yang Legendaris

ItineraryPesona Hutan

Menelusuri Ekowisata Mangrove di Indonesia

Itinerary

Ragam Permainan Anak Tradisional Indonesia

Itinerary

Review Keril Deuter Aircontact 75+10: Definisi Besar dan Tangguh dalam Satu Kemasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Worth reading...
Bertemu Teman Perjalanan yang Dinanti-nanti Lewat Buku “Kelana”