Itinerary

Menjelajah Banyak Negara di Small World Purwokerto

Sebagai orang yang sudah berkeluarga dan punya anak, dalam memilih tempat rekreasi, kami selalu mengutamakan tempat yang tidak hanya bisa dinikmati kami sebagai pasangan, tapi juga menyenangkan untuk anak-anak kami. 

Liburan kali ini, suami kebetulan merencanakan pulang ke kampung halamannya di Purwokerto. Kami sudah merencanakan perjalanan ini mengingat sudah 2 tahun tidak ke sana karena alasan kesibukan. Sembari mempersiapkan perbekalan, aku membantu mencarikan kegiatan semasa kami berada di sana agar anak-anak bisa sekalian bermain di tempat-tempat yang aman. Purwokerto untungnya memiliki salah satu tempat yang bisa mengakomodasi kebutuhan kami dalam dalam satu waktu kunjungan.

Seperti namanya, Small World Purwokerto menawarkan miniatur dunia yang hadir melalui bangunan-bangunan bersejarah dan terkenal dari berbagai negara. 

Small World Purwokerto terletak di Baturraden, Karangmangu, Purwokerto. Tiket masuk Small World Purwokerto Rp25 ribu per orang. Dari pintu masuk kami pun mulai menjelajahi dunia. Tempat ini sungguh menarik tidak hanya untuk rekreasi tapi juga untuk edukasi. Karena masing-masing miniatur disertakan juga deskripsi mengenai sejarahnya. 

Small World Purwokerto
Small World Purwokerto via purwokertoguidance.com

Ada Patung Merlion dan Menara Petronas

Kami pun memulai penjelajahan dari Patung Merlion, yang jadi ikon negara Singapura berbentuk kepala singa berbadan ikan. Lalu kami lanjut ke Malaysia melihat miniatur Menara Petronas. Di tempat aslinya, Petronas memiliki 88 lantai dan dirancang oleh arsitek Cesar Pelli.

Beragam Monumen Terkenal di Jakarta dan Rumah Tradisional Daerah di Indonesia

Kami lanjut melihat Monumen Jenderal Sudirman dan Tugu Selamat Datang (Bundaran HI). Monumen Selamat Datang ini merupakan sepasang manusia yang menggenggam bunga dan melambaikan tangan. Di Bundaran HI, patung tersebut dibuat menghadap ke utara yang artinya menyambut orang-orang yang datang dari arah Monumen Nasional dalam rangka Asian Games IV tahun 1962. 

Di sini juga ada miniatur Monumen Nasional (Monas). Sehabis menjelajah Jakarta, kami melihat Rumah Gadang, yaitu rumah tradisional Sumatera Barat dan Honai, rumah adat Papua. 

Menelusuri Jepang dan Korea

Di bagian Jepang, kami melihat miniatur Kinkakuji, kuil Zen di Kyoto. Lanjut ke Korea, ada miniatur rumah tradisional Korea, Hanok. Menurut deskripsinya, rumah Hanok di Korea dibangun dari bahan-bahan alami seperti kayu, batu, jerami, dan kertas. 

Small World Purwokerto
Opera House Sydney di Small World Purwokerto via purwokertoguidance.com

Sydney Opera House, Patung Liberty, hingga White House

Miniatur Sydney Opera House juga ada di sini. Bangunan berbentuk cangkang di Sydney ini merupakan gedung tempat pertunjukan teater, balet, dan berbagai seni lainnya. 

Setelah itu kami melihat Patung Liberty, yang aslinya ada di New York, Amerika Serikat. Patung ini merupakan hadiah dari Perancis untuk Amerika Serikat sebagai hadiah 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan tanda persahabatan. Pemahat patung ini adalah Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel (desainer menara Eiffel) dan diresmikan pada tahun 1886. 

Dari Patung Liberty, kami ke White House, Gedung Putih rumah kepresidenan dan kantor Presiden Amerika Serikat menjalankan pemerintahan.

Small World Purwokerto
Taj Mahal di Small World Purwokerto via purwokertoguidance.com

Menuju Inggris dan India

Beralih ke Inggris, kami jumpai Big Ben, menara jam yang aslinya terletak di istana Westminster London dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria. Lalu ada juga miniatur bangunan melegenda dari India yaitu Taj Mahal. Taj Mahal merupakan bangunan makam yang indah untuk permaisuri Raja Shah Jahan yaitu Mumtaz Mahal. Bangunan ini didirikan berlandaskan kesedihan hati sang raja yang ditinggal permaisurinya juga sebagai bentuk kebesaran cintanya.

Menara Pisa dan Eiffel

Tiba di Italia, kami bertemu Menara Pisa, yang di negaranya memiliki tinggi 55,86 meter dan 294 anak tangga. Tidak ketinggalan juga kami mengunjungi Menara Eiffel Perancis, ikon terkenal ini dibuka pada tahun 1889 dengan tinggi 300 meter yang dinamai sesuai nama perancangnya Gustave Eiffel, bangunan ini merupakan bangunan tertinggi di Paris.

Selebihnya, kami sambangi juga kincir angin khas Belanda, Piramida Mesir, Tembok Besar China, dan masih banyak lagi. 

Walaupun hanya miniatur, semuanya dibuat dengan cukup memperhatikan detail. Jadi tetap menarik untuk dipotret dan untuk jadi bahan belajar. Small World Purwokerto buka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Jika sampai sini sudah siang dan cukup terik, jangan lupa bawa topi atau payung agar tidak kepanasan. 

Menariknya lagi, di bagian Jepang dan Korea, tersedia juga Kimono dan Hanbok untuk yang ingin berfoto mengenakan pakaian bertema negara terpopuler di Asia ini. Kami pun tidak lupa berfoto di depan kebun sakura buatan yang disiapkan oleh pengelola untuk spot foto.

Kita bisa menggunakan kamera DSLR, handphone, atau jika tidak memiliki kamera di sini terdapat juga para fotografer yang disediakan oleh pihak Small World Purwokerto untuk yang ingin hasil fotonya jadi lebih bagus dan menarik. Tempat ini cocok sekali untuk lokasi prewedding dan ada tempat bermain anak, jadi yang membawa anak pasti tidak akan bosan di sini. 

Puas mengelilingi miniatur dunia di Small World Purwokerto, dalam hati kami pun berdoa, semoga suatu saat bisa keliling dunia sungguhan. Melihat berbagai keindahan bangunan-bangunan terkenal di banyak negara secara nyata, bukan hanya dalam bentuk miniaturnya saja. Dan tentu saja anak-anak puas bermain di berbagai lokasi yang disediakan oleh pengelola, dan mereka cukup terhibur selama masa kami mengunjungi Purwokerto.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Artikel Terkait
Itinerary

Kekayaan Nusantara itu Bernama Halili dan Topi Nunu

Itinerary

Camping di Waduk Sermo

Itinerary

Mencicipi Ragam Soto Nusantara

Itinerary

Ada Apa Saja di Museum Santet Surabaya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *