Itinerary

Menguji Adrenalin di Gumuk Reco Sepakung

Pemandangan hijau, udara dingin, dan hembusan angin, itulah yang akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Gumuk Reco Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang. Salah satu wisata alam dari Desa Wisata Sepakung ini sudah ada sejak 2017 lalu dan hanya dalam waktu yang singkat saja sudah mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. 

Gumuk Reco berada di atas bukit dengan pemandangan sawah-sawah membentang di bawahnya dan tebing batu yang menjulang. Masyarakatnya memanfaatkan lokasi ini tak hanya sebagai spot foto saja namun juga sebagai wisata adrenalin yang menantang. Ya, mungkin tidak semenantang Ozaki 8, tapi lumayan bikin deg-degan lah. 

Salah satu spot favorit wisatawan adalah Ayunan Langit, berupa wahana ayunan dengan ketinggian 800 meter. Ada juga Ondo Langit, sebuah jembatan yang dibangun di pinggir tebing batunya.

Jika kedua wahana di atas masih belum memacu adrenalin, kamu bisa mencoba aktivitas yang lebih seru lagi yaitu rock climbing. Memanjat dinding tebing batu yang sudah disiapkan jalurnya oleh pengelola. Nantinya akan dipandu oleh tim profesional sehingga aktivitas climbing tetap aman dan sesuai prosedur. Harga yang ditawarkan untuk aktivitas ini adalah Rp150 ribu per orang untuk satu sesi rock climbing.

Gumuk Reco Sepakung

Gumuk Reco Sepakung/Deta Widyananda

Tiket Masuk Wisata Sepakung

Harga tiket masuk ke Gumuk Reco Sepakung per orang adalah Rp10 ribu dan sudah termasuk biaya voucher wifi Rp3 ribu selama 4 jam, dan parkir motor. Untuk parkir mobil hanya dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu saja. 

Untuk mencoba wahananya memang memiliki tarifnya masing-masing, seperti contohnya Ayunan Langit dengan tarif Rp10 ribu per orang dan Jembatan Ondo Langit Rp25 ribu per orang. Harga ini sudah termasuk asuransi dan mencoba wahana satu kali saja. 

Fasilitas yang Lengkap

Enaknya berwisata ke Gumuk Reco Sepakung adalah fasilitasnya yang lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas dan terjaga, toilet bersih, warung yang menjajakan makanan atau kopi, mushola, saung-saung untuk tempat beristirahat, sampai adanya stop kontak atau colokan untuk mengisi ulang baterai hape. 

Memang tak banyak tempat wisata yang menyediakan wifi seperti di Gumuk Reco Sepakung, apalagi sinyal seluler di sini memang hampir tidak terjangkau. Itulah mengapa sambungan wifi ini sangat membantu saat berkunjung ke Gumuk Reco Sepakung. 

Bagi kamu yang lagi bosan kerja di kantor juga bisa pindah kerja di sini. Selain pemandangannya indah, udaranya yang bersih, ada sambungan internet dan listrik. Keperluan makan dan kopi pun ada, jadi bisa dapat suasana dan pengalaman yang berbeda.

Gumuk Reco Sepakung

Gumuk Reco Sepakung/Deta Widyananda

Tempat Wisata Sekitar Gumuk Reco Sepakung

Cemoro Sewu Jingkol

Naik ke atas sedikit dari Gumuk Reco Sepakung ada tempat yang juga dikunjungi yaitu Cemoro Sewu Jingkol. Tempat ini dipenuhi oleh pohon pinus yang tinggi menjulang. Selain itu dari sini juga bisa melihat hamparan sawah dan perbukitan hijau.

Museum Kereta Api Ambarawa

Beranjak dari Cemoro Sewu Jingkol, kamu juga bisa mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa yang lokasinya tak jauh dari Gumuk Reco Sepakung. Di tempat ini kamu bisa mengenal sejarah kereta api terutama yang ada di Ambarawa.  Jika memungkinkan, kamu juga bisa naik kereta wisata yang berlokasi di Stasiun Ambarawa. Merasakan keseruan naik kereta uap vintage dengan pemandangan perbukitan dan persawahan yang terbentang luas.

Rawa Pening

Selama perjalanan menuju ke Gumuk Reco Sepakung, kamu akan melewati jalan yang berada di bibir Rawa Pening. Kamu juga bisa mengunjungi Rawa Pening melalui kawasan wisata Bukit Cinta. Di sini bisa mencoba wisata perahu dan mencoba kuliner khas seperti keripik bayam, olahan wader, peyek belut, dan masih banyak lagi.

Gumuk Reco Sepakung

Gumuk Reco Sepakung/Deta Widyananda

Cara Menuju Ke Gumuk Reco Sepakung

Dari Arah Semarang

Gumuk Reco Sepakung bisa diakses dari banyak arah seperti Semarang, Salatiga, Magelang atau Boyolali. Jika kamu dari arah Semarang bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju Ungaran lalu berlanjut ke arah Bawen, selanjutnya ke arah Salatiga. 

Nantinya akan melewati Kampung Kopi Banaran dan masuk ke jalur lingkar Salatiga. Lalu berlanjut menuju perempatan lampu merah Banyubiru (ke arah Rawa Pening) bisa berbelok ke kanan dan mengikuti jalan sampai bertemu papan penanda Gumuk Reco Sepakung. 

Alternatif jalan lain dari pusat Kota Semarang, kamu bisa langsung menuju ke arah Bawen, kemudian berbelok ke kanan menuju arah Ambarawa. Selanjutnya melewati Jalan Jenderal M Sarbini sampai ke perempatan lampu merah Banyubiru dan belok ke kiri melewati Jalan Raya Muncul. 

Ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk jalan jika kamu sudah sampai di Desa Sepakung. Kamu bisa bertanya pada warga lokal untuk menuju ke Wisata Gumuk Reco Sepakung. 

Dari Arah Boyolali dan Salatiga

Jika dari arah Boyolali, Salatiga dan Surakarta, hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju jalur lingkar Salatiga dan belok kiri saat sudah sampai di perempatan lampu merah Banyubiru. Dari Boyolali setidaknya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi wisatanya. 

Dari Arah Magelang

Apabila kamu dari arah Magelang bisa langsung mengarahkan kendaraan ke arah Secang lalu menuju ke Jambu dan berbelok ke kanan menuju Banyubiru. Sesampainya di perempatan Banyubiru bisa belok ke kanan untuk menuju Muncul dan mengikuti jalan tersebut hingga menemukan papan petunjuk jalan ke arah Sepakung.

Gumuk Reco Sepakung

Gumuk Reco Sepakung/Deta Widyananda

Tips Saat Datang Ke Gumuk Reco Sepakung

Kamu bisa datang lebih pagi karena biasanya saat siang cuaca cepat berubah (bisa berkabut atau panas terik), selain itu datang saat pagi akan terasa lebih sejuk. Sedangkan hari yang tepat untuk berkunjung adalah saat hari kerja karena tak banyak pengunjung dan bisa lebih bebas menelusuri setiap sudutnya.

Pastikan untuk menggunakan kendaraan yang masih fit karena akan melewati tanjakan tajam dan berlubang. Tidak disarankan untuk menggunakan matic karena sering terjadi rem blong (dipaksa mengerem terus menerus dalam waktu yang lama). Jika memang tak ada pilihan lain selain menggunakan motor matic, maka usahakan untuk beristirahat di tengah perjalanan agar kampas remnya tidak panas dan bersiap membawa air untuk mendinginkan kampas dengan cepat.

Jalanan di sana memang sudah beraspal sampai ke lokasi wisatanya, namun di beberapa titik masih banyak jalan yang berlubang. Jika tidak hati-hati bisa jatuh dan tergelincir karena konturnya menanjak tajam dan berhadapan langsung dengan jurang. 

Gumuk Reco Sepakung memang sangat cocok untuk dikunjungi. Selain wisatanya yang menantang juga bisa sebagai tempat pelarian dikala penat bekerja. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk berwisata bersama di Gumuk Reco Sepakung!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI. Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Sepiring Hidangan yang Tak Biasa

Itinerary

5 Tips Memilih Tempat Makan di Destinasi Wisata

Itinerary

Mengenal Desa Boti, Nusa Tenggara Timur

Itinerary

6 Destinasi Ekowisata di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *