Itinerary

9 Tempat Wisata Ciwidey untuk Refreshing Bersama Keluarga

Kamu berencana ke Bandung dalam waktu dekat? Pastikan Ciwidey menjadi lokasi yang kamu kunjungi juga. Karena ada banyak tempat wisata Ciwidey yang sangat menarik, mulai dari Kawah Putih, Kebun Strawberry, Bukit Jamur, dan lain-lain. Cek dulu di sini untuk tentukan mana yang jadi favoritmu!

Kawah Putih Ciwidey

Tempat Wisata Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey. Foto: TEMPO/Subekti

Selain pemandangan kawah yang indah, salah satu yang terkenal juga adalah wisata Sunan Ibu di Kawah Putih Ciwidey di mana kamu bisa menyaksikan sunrise di sini. Hanya saja untuk saat ini wisatawan belum boleh untuk camping di kawasan Sunan Ibu.

Harga tiket masuk terusan wahana mulai November 2020 adalah Rp38.000. Harga tiket masuk wisatawan nusantara Rp27.000 dan harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara Rp81.000. Hanya saja untuk kamu yang membawa mobil, harus bawa uang lebih, karena biaya parkir mobil di pusat kawah sebesar Rp162.000.

Pada pertengahan tahun kawasan ini sempat tutup, namun sejak Agustus 2020 kemarin sudah kembali dibuka. Di kawah putih Ciwidey juga ada wahana Dermaga Ponton yang jadi spot foto favorit dan Skywalk Cantigi. Di Skywalk Cantigi, kamu bisa melihat pemandangan keindahan pegunungan sekitar kawah dengan puas dengan menelusuri skywalk sepanjang 500 meter ini.

Bukit Jamur Ciwidey

Tempat-tempat wisata Ciwidey banyak sekali menawarkan spot foto instagramable, salah satunya yaitu Bukit Jamur Rancabolang. Berlokasi di Desa Sugihmukti, Ciwidey, tempat ini menawarkan pemandangan kebun teh dengan barisan pohon cemara berbentuk jamur yang unik. Bukit Jamur ini buka pukul 07.00 – 18.00 jadi jangan sampai datang terlalu sore, ya. Nantinya kamu tidak bisa lama-lama di sini.

Candy House

Ternyata di Ciwidey juga ada rumah permen yang sangat menggemaskan, lho namanya Candy House. Di dalamnya ada banyak spot foto yang instagramable mulai dari Marshmallow Heaven, Lollipop Garden, Candy Box, Pillow Candy dan Cotton Candy. Harga tiket masuknya Rp20.000 saja. Pakai baju yang colorful kalau kamu mau ke sini biar bisa bawa pulang foto-foto yang manis seperti permen!

Teras Bintang  

Glamping Lakeside Rancabali

Teras Bintang, Glamping Lakeside Rancabali. Foto: Instagram/lakeside_rancabali

Teras Bintang berada di kawasan Glamping Lakeside Rancabali. Namun, tempat ini tidak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang menginap di glamping tersebut saja, tapi juga terbuka untuk pengunjung umum. Di balkon panjang ini ada pohon yang menarik perhatian dan sering dijadikan spot untuk berfoto. Di sini kamu akan puas menyaksikan langit seolah tanpa batas.

Curug Tilu

Tempat Wisata Ciwidey

Curug Tilu. Foto: Fickr/Jenvendes.

Di balik perkebunan teh Rancabali, terdapat wisata air terjun bernama Curug Tilu. Walaupun air terjun ini adalah air terjun buatan, aliran air dan batu-batuan di sekeliling air terjun menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata. Cocok banget untuk refreshing dari penatnya kesibukan bekerja di kota sehari-hari.

Kebun Strawberry Ciwidey

Tempat Wisata Ciwidey

Kebun stroberi. Foto: TEMPO/Aditia Noviansyah.

Kalau kamu ke Ciwidey, rasanya belum pas kalau belum berkunjung ke kebun strawberry. Kamu bisa petik sendiri strawberry yang kamu mau. Biasanya pengunjung akan dibatasi untuk melakukan aktivitas petik strawberry dalam satu kali kunjungan, mengingat terbatasnya strawberry yang bisa dipetik.

Seru, ya? Rasanya seperti panen strawberry. Nantinya strawberry yang kamu petik akan ditimbang untuk ditentukan harga yang harus kamu bayar. Selain merasakan pemandangan yang asri, kamu bisa langsung menyantap buah strawberry yang dipetik langsung dari kebun.

Taman Kelinci Ciwidey

Salah satu tempat wisata Ciwidey yang juga jadi incaran banyak wisatawan adalah Taman Kelinci Ciwidey. Tempat ini cocok didatangi oleh kamu yang sudah berkeluarga terutama yang punya anak kecil. Karena pengunjung bisa memberi makan langsung kelinci yang ada di sini. Terdapat banyak jenis kelinci yang diternak dalam taman kelinci, mulai dari kelinci lokal hingga kelinci anggora. 

Barusen Hills Ciwidey

Tempat Wisata Ciwidey

Barusen hills. Foto: Flickr/Dimas Surya

Ada banyak fasilitas di Barusen Hills, mulai dari kolam renang, taman bunga, saung, juga villa di sekitarnya. Barusen Garden merupakan spot foto paling banyak dituju, karena kamu bisa berfoto di depan kincir angin, juga ada bambu berbentuk “love” hingga taman cinta di tengah danau. Bisa jadi lebih romantis, nih kalau datang bersama pasangan.

Wisata Alam Driam Riverside Ciwidey

Di sini kamu bisa main ayunan sambil menikmati pemandangan alam, ataupun mencoba beragam aktivitas outdoor seperti panahan, paintball dan fun offroad. Sedangkan untuk wahana wisatanya ada Driam Swing, Hover Tent, Tarzan Swing dan Tubing. Kamu bakal merasakan banyak pengalaman baru yang mengesankan.

Untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp20.000 di weekday dan Rp30.000 saat weekend. Setelah lelah beraktivitas, di sini juga menyediakan banyak kamar untuk menginap dengan harga penginapan yang cukup terjangkau, mulai dari Rp550.000 hingga Rp1.350.000 per malam. Jadi nggak perlu menginap jauh-jauh lagi saat anda lelah bermain di sini seharian. Cukup di satu tempat dan kamu bisa menikmati banyak fasilitas serta wahana wisata.

Ada banyak sekali, ya, tempat wisata Ciwidey yang sangat menarik. Pastikan kamu punya cukup banyak waktu dan hari yang direncanakan ketika berlibur ke Ciwidey Bandung agar bisa mencoba semua tempat wisata di atas.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.


Header: Flickr/Hardian Ega.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

'Save’ Saung Angklung Udjo

Itinerary

Wisata di Kabupaten Batang, Ada Pantai dan Konservasi Lumba-Lumba

Itinerary

Membuka Mata untuk Danau Toba

ItineraryPilihan Editor

Mendaki Carstensz di Usia Remaja, Khansa Syahlaa Menemukan Pelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *