#dirumahajaItinerary

6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Masak waktu di Rumah Aja

Salah satu cara asyik buat melewatkan waktu #dirumahaja adalah masak-masak kuliner nusantara. Sebagai referensi, ini TelusuRI kasih ide beberapa masakan nusantara yang bisa kamu masak pas #liburandarirumah.

Kuy!


Rendang yang dipamerkan dalam salah satu festival di Padang, Sumatera Barat via TEMPO/Febriyanti

Rendang

Makanan peringkat pertama di World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) 2011 versi CNN International ini jelas jadi favoritnya siapa aja. Cara memasaknya memang agak ribet, tapi hasil nggak akan mengkhianati proses, deh! Kelebihannya, rendang bisa tahan lama. Kuliner Minangkabau ini bisa bertahan berminggu-minggu pada suhu ruangan—asal rutin dipanaskan. Cocok banget ‘kan dimasak pas masa-masa penjarangan fisik (physical distancing) gini?


Menu makanan mie Aceh di warung ‘Razali’, Nanggroe Aceh Darussalam, Maret 2012 via TEMPO/Adi Warsidi

Mie Aceh

Nah, kalau makanan yang satu ini pasti tau juga, dong. Kamu bisa bikin mie Aceh dalam beberapa varian, mulai dari yang goreng, tumis, dan juga kuah! Pastinya, kelezatan mi kuning yang dengan daging sapi, kambing, dan kadang hasil laut kayak cumi-cumi dan udang bakal nendang banget di lidah. Apalagi rasa kari pedas-gurihnya!


Soto Banjar di Rumah Makan Soto Banjar Bang Amat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan via TEMPO/Budi Yanto

Soto Banjar

Soto hampir sama kayak sate; banyak banget jenisnya. Soto Banjar ini asalnya dari Kalimantan Selatan. Sama kayak soto kebanyakan, soto Banjar ditaburi suwiran daging ayam goreng. Yang bikin beda adalah rempah-rempah di bumbu kuah sotonya. Bukannya pakai kunyit, soto Banjar justru pakai kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Ada pula yang menambahkan susu dalam adonan kuahnya.

Nah, kalau biasanya kebanyakan soto dimakan pake nasi, soto Banjar ini dinikmati dengan ketupat, lengkap dengan rebusan kentang, wortel, dan juga telur.


Ayam Taliwang via TEMPO/Supriyantho Khafid

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang, makanan yang berasal dari Taliwang, Sumbawa Barat, sekilas mirip ayam bakar biasa. Yang bikin beda adalah bumbunya. Ayam Taliwang dibalur bawang merah, bawang putih, cabai merah kering, terasi goreng, kencur, tomat, dan beberapa rempah lain yang mudah banget didapatkan di supermarket atau pasar.


Pallubasa, kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan via TEMPO/Nickmatulhuda

Pallubasa

Makanan khas dari Sulawesi Selatan ini sekilas mirip coto Makassar. Tapi, kalau diperhatiin lebih detail, ada bedanya. Misalnya di penggunaan telur mentah sebagai pelengkap. Kaldunya pallubasa dari daging sapi. Kadang yang dipakai malah daging kerbau.

Cara bikinnya gampang juga. Kaldu sapi yang sudah matang dicampur dengan tumisan bumbu seperti gula merah, serai, lengkuas, kayu manis, dan cengkeh, lalu ditambahkan dengan air asam, garam, kelapa sangrai, dan penyedap rasa kalau kamu suka.


Penyajian papeda ikan kuah kuning di atas piring di Restoran Danau Sentani, Bandung, Jawa Bara via TEMPO/Prima Mulia

Papeda

Papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu, memang sudah terkenal banget. Wujudnya sih sekilas mirip bubur candil dari Jawa. Lengket gitu. Tapi, warnanya cenderung putih bening agak keabu-abuan. Meski rasanya tawar, papeda jadi kaya rasa pas disantap bersama ikan kuah kuning. Cara bikinnya pun sederhana. Kamu cuma perlu mengaduk tepung sagu dan beberapa bumbu lain sampai kental.

Jadi, mau masak yang mana dulu, nih?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Avatar

Suka gendong ransel, suka motret, kadang nulis.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahaja

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips supaya Konten Lebih Memikat ala Satya Winnie

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *